Home > Teknologi > Touch Screen

Touch Screen

Touch screen (layar sentuh) merupakan layar komputer (notebook) yang dapat juga berfungsi sebagai perangkat input. Layar ini memiliki sensitifitas terhadapa sentuhan, pengguna dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh ikon atau teks yang ada di layar.

Ada tiga macam teknologi touch screen:

Resistive

Panel touch screen Resistive adalah lembaran lapisan metalik tipi yang memiliki konduksi elektrik dan lapisan resistif yang dapat menyebabkan perubahan arus listrik yang deregister sebagai sebuah kejadian sentuhan dan memberikan perintah pada kontroler berupa proses. Panel touch screen Resistive umumnya hanya dapat dijangkau hingga 75% tingkat kejelasannya dan layer sangat sensitive terhadap benda tajam. Panel touch screen Resistive sangat tidak cocok untuk pemakaian diluar ruangan yang mungkin dapat terkena debu atau air.

Gelombang Permukaan

Surface wave (gelombang permukaan) merupakan teknologi gelombang permukaan yang menggunakan gelombang ultrasonic yang berada dipermukaan panel touch screen. Jika panel disentuh, maka sebagian gelombang akan merespon. Respon sentuhan ini akan merubah gelombang ultrasonic yang ada pada posisi yang disentuh dan memberikan informasi ini kepada kontroler untuk dilakukan pemrosesan. Panel touch screen gelombang permukaan ini adalah tipe yang paling bagus, tetapi juga sangat sensitive terhadap sentuhan elemen dari luar.

Kapasitif

Panel touch screen Kapasitif adalah lapisan dengan material yang menyimpan efek listrik. Jika panel ini disentuh, maka sebagian kecil yang telah diatur sebelumnya menjadi sebuah bagian kontak. Sirkuit ini berada pada tiap sudut panel yang memuat respon dan selanjutnya memberikan informasi kepada kontroler untuk diproses. Panel touch screen kapasitif ini harus disentuh dengan jari, yang tidak seperti Resistive maupun Surface wave yang dapat disentuh dengan jari maupun stylus. Panel touch screen Kapasitif tidak mudah merespon elemen dari luar dan memiliki tingkat kejernihan yang baik.

Categories: Teknologi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: