Home > Edukasi, Materi > Hati baik, baik semua jiwa

Hati baik, baik semua jiwa

Dalam tubuh kita terdapat segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka baiklah seluruh tubuh kita, jika segumpal daging itu buruk, maka buruklah seluruh tubuh kita. Apakah itu? itulah dia Hati.

Hati merupakan organ terbesar dalam tubuh dengan berat sekitar 1,5Kg. Fungsinya begitu banyak hingga mencapai lebih kurang 500 fungsi yang berkaitan erat dengan fungsi organ tubuh lainnya. Dengan fungsinya yang begitu banyak dan begitu rumit, hati ibarat pabrik kimia yang serbaguna dan paling canggih yang Allah berikan untuk kita dengan jumlah sekitar 300 miliar sel yang tidak bisa ditiru oleh teknologi manapun hasil ciptaan manusia secanggih apapun.

Begitu hebatnya efisiensi kerja hati walaupun hati telah rusak hingga lebih dari 60%nya, pabrik kimia ini masih tetap menunjukkan kerja yang maksimal tanpa keluhan. Itu sebabnya seseorang yang sudah mengalami kerusakan hati, sering tidak merasakan keluhannya secara dini. Apalagi hati termasuk organ yang tidak memiliki syaraf-syaraf sensitif dipermukaannya. Inilah yang membuat hati menjadi organ yang tidak mudah mengeluh dan tidak memunculkan rasa sakit ketika organ ini mulai rusak. Seringkali si penderita kurang memperhatikannya. Hal ini kerap pula membuat kita baru sadar akan kerusakan organ ini ketika kondisi sudah parah. Mudah-mudahan kita memiliki kepekaan hati, sehingga kita dapat mengantisipasi penyakit hati ini secara dini.

 

Categories: Edukasi, Materi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: