Home > e-commerce, Teknologi > Hijack melalui aplikasi atau plug-in

Hijack melalui aplikasi atau plug-in

Force Marketing / Pencurian data pribadi melalui aplikasi atau plug-in iklan di browser

Pada awalnya kita ingin mencari aplikasi atau ingin melihat demo game yang sebagian besar berbasiskan Flash. Kemudian browser anda member peringatan bahwa flash player di browser anda telah kedaluarsa, walaupun sesungguhnya komputer anda telah memiliki Flash Player yang baru (missal: versi 20.x) dan diminta untuk menginstal yang baru (padalah hasil download dari browser adalah versi 15.x namun telah disusupi oleh program / plug-in yang akan mencuri data-data pribadi melalui berbagai link iklan ataupun meminta untuk mengisi form tertentu).

image001 image002

Setelah anda men-download flash player (hasil hijack / bajakan)

image003

dan mulai menginstalasi flash player palsu tersebut, jika anda langsung menginstalasikan tanpa memilih menu custom, maka computer anda akan langsung terinfeksi, baik melalui aplikasi ataupun plug-in di browser yang anda gunakan.

image004a

Karena flash player yang anda download telah menitipkan (menyisipkan) program / plug-in Palikan Search yang bertindak seolah-oleh sebagai mesin pencari yang akan menawarkan link-link iklan yang bermaksud mencuri data-data pribadi di computer anda termsuk email, telepon, password dan data-data lainnya. Jadi pastikan anda menggunakan komputer dan browser dengan sikap attentive, awareness dan care. Gunakan perangkat gadget anda dengan bijak.

Jika proses instalasi tersebut dilanjutkan, maka computer kita akan terinfeksi oleh virus dari file aplikasi maupun dari plug-in di browser yang kita gunakan. Dalam istilah marketing biasa disebut dengan force marketing (pemasaran yang memaksa melalui program gratis atau iklan di halaman web yang memasang palikon search.

Palikon.com adalah plug-in pembajak melalui browser, atau program yang sangat tidak diinginkan yang bertindak seolah olah sebagai mesin pencari (search engine). Palikon cukup terkenal, namun bukannya memberikan anda tentang hasil pencarian yang sangat baik, tapi palikon (bahkan sejenisnya yang sangat banyak di halaman web) yang membawa anda (pencari game atau aplikasi gratis) dan memberikan pada anda beberapa hasil yang tidak akurat dan penuh link sponsor. Rupanya, palikan.com dikembangkan oleh personil krimilal di dunia maya dengan tujuan mengumpulkan informasi krusial (penting dengan maksud pencurian data pribadi), seperti sejarah yang terjadi pada beberapa browser, cookies dan bahkan program/aplikasi pelindung password (yang menurut anda sebagai pengaman, namun sejatinya adalah pencurian data pribadi).

Jika anda benar-benar melanjutkan menginstalasi Flash Player update yang telah ter-hijack tersebut dengan normal atau tanpa kustomisasi, maka anda akan mendapatkan tambahan plug-in di browser anda yang bertindak seolah-oleh sebagai mesin pencari (yang pastinya akan mencuri data-data pribadi di komputer anda)

Maka kewaspadaan, kesadaran dan kepedulian pada perangkat komputer atau gadget anda menjadi hal yang penting, jika anda tidak ingin bermasalah dengannya🙂

image005

Dan yang pasti bukan hanya aplikasi / plug-in seperti diatas yang beredar di dunia maya, pasti akan sangat banyak dengan nama yang berbeda-beda dan bahkan mungkin sangat menarik perhatian anda.

Categories: e-commerce, Teknologi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: