Judul Tesis

Pengujian Pengaruh Optimalisasi Anggaran Diklat terhadap Kualitas Penyelenggaraan Diklat Guru Kejuruan bidang Bisnis dan Pariwisata

1. LATAR BELAKANG PENELITIAN

Dalam rangka peningkatan kepercayaan dari para pemangku kepentingan, tentang akuntabilitas dan jaminan kualitas pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, maka diperlukan perencanaan penganggaran dengan teliti dan seoptimal mungkin serta tidak terjadi adanya tumpang tindih anggaran. Sehingga tingkat optimalisasi penggunaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demkian keberadaan anggaran dapat disetimbangkan dengan penyelenggaraan diklat dilingkungan P4TK Bisnis Pariwisata, dapat memiliki kesetimbangan antara penggunaan anggaran dengan kulitas penyelenggaraan diklat yang sangat diperlukan oleh para guru demi peningkatan kemampuan dalam proses pengajaran.

2. PERUMUSAN MASALAH

Sudah sering kita dengar ataupun kita temukan perbedaan antara besarnya anggaran dibanding dengan kemampuan atau kompetensi yang dibutuhkan oleh para peserta diklat.

Besarnya biaya akomodasi dibanding biaya pelaksanaan proses belajar dalam diklat, untuk beberapa jenis diklat tertentu yang tidak memerlukan biaya prakter yang besar cukup signifikan.

Adanya penganggaran keperluan peralatan diklat yang melebihi anggaran yang dialokasikan untuk setiap jenis diklat tersebut.

3. TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS

Teori tentang anggaran yang menerangkan mengenai penyediaan barang-barang publik adalah teori alokasi barang-barang publik melalui anggaran (budget). Teori ini didasarkan pada suatu analisa dimana setiap orang membayar atas penggunaan barang-barang publik dengan jumlah yang sama, yaitu sesuai dengan system harga untuk barang-barang swasta (private goods).

Solusi teori ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Individu membayar harga yang sama untuk barang publik dan barang swasta. Setiap konsumen berada pada titik keseimbangan konsumen, yaitu dimana MRS (Marginal Rate of Substitution) sama dengan perbandingan harga kedua barang.

MRS = harga barang publik : harga barang swasta

2. Hasil analisis selaras dengan distribusi pendapatan, di mana individu A memperoleh penghasilan sebesar OM dan individu B memperoleh penghasilan sebesar ON.

3. Individu A memperoleh barang swasta sebesar MM0 dan individu B memperoleh barang swasta sebesar NL0.


Teori alokasi barang publik melalui anggaran merupakan suatu teori analisa penyediaan barang publik yang lebih sesuai dengan kenyataan (reality) karena bertitik tolak pada distribusi pendapatan awal di antara individu-individu dalam masyarakat dan dapat digunakan untuk menentukan beban pajak di antara para konsumen untuk membiayai pengeluaran pemerintah.

Tetapi teori ini mempunyai kelemahan utama yaitu digunakannya kurva indiferens ebagai alat analisis yang baik dari segi teori akn tetapi kurang bermanfaat untuk aplikasi penggunaannya dalam kenyataan sehari-hari. Jadi dari uraian dalam Bab ini dapat diketahui bahwa semua analisis menggunakan kurva permintaan dan / atau kurva indiferens yang dalam pelaksanaannya tidak dapat diukur secara empiris. Oleh karena itu, teori ekonomi dianggap tidak mampu memecahkan masalah alokasi sumber-sumber ekonomi untuk menghasilkan barang-barang swasta dan barang-barang publik secara empiris, dan pemecahannya harus dilaksanakan dengan proses pemungutan suara (voting) yang biasa dilakukan dalam proses politik. Walaupun demikian, pemungutan suara juga tidak dapat memberikan pemecahan yang sangat memuaskan, kecuali pada suatu masyarakat dimana preferensi mereka identik sehingga dapat tercapai hasil secara aklamasi.

  1. wenly tuhumury
    August 14, 2011 at 1:32 am

    gimana cara dapetin tesis ini

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: