Literasi Komputer

Literasi komputer merupakan salah satu perangkat pembelajaran dan pelatihan TIK tingkat dasar, yang membantu para peserta untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan TIK melalui kelincahan jari-jari para peserta pelatihan yang diupayakan untuk terbiasa menggunakan perangkat computer untuk mengolah dan mendayagunakan computer sebagai alat untuk mengeksplorasi dan merekayasa informasi. Dengan memberikan pelatihan TIK secara langsung, maupun online learning yang dikembangkan tahun belakangan ini, pelaksanaan diklat TIK termasuk Literasi komputer yang kami lakukan telah menyentuh ribuan peserta, membantu mereka untuk berubah, mengubah dan tumbuh serta berkembang demikian cepat. Melek komputer memungkinkan kita semua untuk menyesuaikan dan membaur bersama berbagai bentuk pelatihan TIK. Kami percaya bahwa kami bisa memberikan konten yang terbaik, yang luas dan mendalam dengan banyak cakupan topik, dalam menarik dan pengalaman belajar pribadi yang berfokus pada dunia nyata untuk kebutuhan bisnis. Selain standar kami kursus, Literasi komputer menawarkan berbagai macam disesuaikan dan bahkan satu-satu pengalaman pelatihan pribadi untuk membantu setiap individu mendapatkan hasil maksimal dari perangkat keras dan perangkat lunak TIK yang mereka gunakan.

Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Paham (melek) komputer juga dapat merujuk kepada tingkat kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan program komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer. Bagian lain yang lebih berharga dan berhubungan dengan istilah melek komputer adalah mengetahui bagaimana komputer bekerja dan beroperasi. Memiliki keterampilan komputer dasar merupakan aset yang signifikan yang telah banyak digunakan di negara-negara maju. Pelatihan Literasi Komputer dimaksudkan agar para pendidik khususnya dapat mencapai derajat “melek komputer” atau istilah yang sering disegunakan agar menjadi orang yang “tidak gaptek” atau tidak gagap teknologi. Gagap dalam arti merasa aneh, heran ataupun kesulitan saat menghadapi perangkat computer sebagai alat yang dapat membantu tugas-tugas para pendidik untuk mempercepat atau memperdalam kemampuannya dalam menggunakan perangkat teknologi.

Definisi yang tepat tentang “melek komputer” bisa berbeda-beda dari satu kelompok ke kelompok lain. Secara umum, melek huruf (dalam dunia buku) berkonotasi orang yang dapat membaca buku yang terbiasa dalam bahasa ibu mereka, mencari kata-kata baru ketika mereka dihadapkan pada kepiawaian membaca sebuah buku. Demikian pula, seorang profesional di bidang komputer yang berpengalaman dapat mempertimbangkan kemampuan dirinya untuk dapat mengajar (yaitu untuk mempelajari program-program baru dengan terbiasa atau mengerjakan tugas-tugas seperti yang ditemui) sehingga dikatagorikan “melek computer”. Dalam wacana umum, “melek komputer” sering berkonotasi sedikit lebih dari kemampuan untuk menggunakan beberapa aplikasi yang sangat spesifik (seperti Aplikasi Pengolah Kata, Aplikasi browser, dan Aplikasi Email client) tertentu yang didefinisikan dengan baik untuk mengerjakan tugas sederhana, yang sebagian besar telah dihafalkan di luar kepala. Hal ini dapat dianalogikan dengan seorang anak yang mengklaim bahwa mereka “bisa membaca” karena mereka telah menghafal beberapa buku anak-anak kecil.

Dalam kenyataannya masalah dapat muncul ketika istilah “melek komputer” secara pribadi kemudian menjumpai sebuah program baru untuk pertama kalinya, dan secara serius mengerjakan dengan sungguh-sungguh terhadap penyelesaian program yang sedang dihadapi. Menjadi “melek” dan “profesional” dapat diartikan sebagai hal yang bermakna sama.

Suasana diklat Literasi di LPMP Makassar hari ke 3

Memanfaatkan situs 4shared.com sebagai Fasilitas Virtual Storage

Memanfaatkan Media Library sebagai  tempat untuk menyimpan file data

Menambahkan gambar pada halaman blog tanpa upload gambar

  1. Royss
    April 25, 2010 at 1:33 am

    Waah nii syapa penulisnya…?

  2. budi2k
    May 9, 2010 at 4:33 pm

    hmmmm….

  1. September 15, 2012 at 4:44 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: