Macam2 Penipuan dengan menggunakan gelar Haji

April 2, 2013 Leave a comment

Mungkin diantara anda ada yang pernah menerima SMS senada dengan menipu. Bacalah terlebih dulu dengan tenang dan berfikirlah dengan jernih. Jangan terlalu serius dalam menyikapi SMS berhadiah atau keluhan dalam bentuk bantuan orang sakit, keluarga sakit, bantuan panti asuhan, dll. Berikut ini contoh SMS yang mungkin akan menghampiri anda di era kartu perdana yang harganya hanya Rp. 5.000,-  atau bahkan Rp. 3.000.-  dan dapat dengan mudah didaftarkan dan dibuang, kemudian membeli lagi SIM card baru!Fraud2 Terima SMS dari ;;+6287887947467; Ass,mf sy ibu yanti yg kemrn liat rmh nya,mrsa cock dan brminat dg lokasi nya jd untk megenai hrga slhkan nego dg suami sy H.ISKANDAR. 085284551679.Tks Terima SMS dari ;+6287887947467; Ass,alaikum sya joko. yg kmrin liat mtor nya dan sya mrasa ccok,dgan mtor nya dan pjak bulan brpa,dan kira-kira hrga net nya brpa.atau hbungi bpk sya H.ISKANDAR. 085284551679 trmksiFraud_13 Terima SMS dari 082346172787 Banyak model SMS berbau penipuan, seperti yang dalami Joko yang menunjukkan SMS penipuan yang masuk ke HP nya yang sengaja tidak dihapusnya. Bunyi SMS tersebut diantaranya,”Sy ibu Eva yg tempo hari survei mengenai rumah/tanah yang mau dijual. Saya berminat tetapi saya telpon bapak tdk aktif. Masalah harga tolong hubungi suami saya H. Iskandar dengan nomor HP 082328455791″. SMS tersebut dikirim dari HP 085295650335. Kemudian ada SMS lagi yang berbunyi, “Ini rekeningnya BNI Rek: 027-340-3010 a/n ISDAWATI”. SMS tersebut dikirim melalui nomor 082346172787. Terima Telepon dari 085632404577 Suatu saat, sebut saja namany Ferry yang  dihubungi pelaku yang mengaku sebagai H. Iskandar dengan nomor 085632404577 dan berniat untuk membeli rumahnya. Ini terjadi ketika “Korban mengiklankan rumah di salah satu koran, tiba-tiba hari Minggu ada yang telepon dari 085632404577, dia mengaku berniat membeli rumah korban,” Sesuai perbincangan melalui telpon seluler tersebut, disepakati bahwa pelaku akan memberikan uang muka sebesar Rp 10 juta dengan ditransfer ke rekening korban. Namun, setelah dicek uang muka yang dijanjikan oleh pelaku ternyata belum masuk. Ferry pun kemudian menghubungi nomor pelaku kembali dan mengatakan bahwa uang muka tersebut belum masuk. Pelaku lalu membimbing korban untuk kembali mengecek rekening miliknya di ATM. Saat itu korban dibimbing untuk melakukan transfer ke rekening Mandiri atas nama Erwin Gunahir sebesar Rp Rp 19.988.171 juta. Tidak hanya itu, korban juga dibimbing pelaku untuk mentransferkan uang ke rekening BNI pelaku atas nama Abu Darma di 0251880872 sebesar Rp 4.998.877 juta. Ketika sadar, ternyata uang dalam rekening miliknya telah raib sebesar Rp 25 juta. “Karena belum masuk uang muka yang dijanjikan, kemudian korban menelepon pelaku kembali dan saat itu korban dibimbing untuk menekan tombol di ATM, setelah dicek uang korban Rp 25 juta amblas,” terang Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Aswin, Senin (8/10, 2012)penipu_penpas ed 16 Terima SMS Barusan saya memperoleh SMS berbunyi (?SMS dari 083817224373) Maaf saya ibu Lusi,sya sdah liat mobil anda dan saya sudah merasa cocok, masalah harga tolong hub suami saya pak H.SUGENG no hp 085310467555 krn kebtulan saya ada acara seminar.tnks Terima SMS “Sy ANI, suami sy berminat dgn rumah yg kmarin, tdi sy tlp tpi tdk bisa masuk, atau nanti klw sdh tdk sibuk hub. lgsng ke suami sy, ini no.nya 0819blala  H.Iskandar” Terima SMS

Saya Ibu Sulastri yang tempo hari survey tanah saudara dan cocok. Untuk harga, mohon hubungi suami saya H.Ridwan di nomor 0852174641xx. Terimakasih.

Terima Telepon Anis, sebut saja namanya. Suatu saat HP nya bordering dari seorang yg bermaksud untuk order cabe rawit merah dikirim ke 3 orang, antara lain;   (1). H.Ibrahim asal Lamongan. No.HP : 081278277417.  (2). H. Iskandar ngakunya di pasar kemiri depok Jawa Barat. No. Hp : 085310386626,  (3). Sigit ngakunya asal Kalimantan. No. Hp. : 082125925447,   (perlu diketahui,  Anis sebagai pedagang cabe).  Namun pada hari menjelang pengiriman, seorang yang mengaku H. Ibrahim, menghubungi Anis  dengan maksud untuk memberi tahu bahwa uang sudah dikirim. Setelah Anis  mengecek di mesin ATM ternyata BO’ONG belaka, TUKANG TIPU. Anis mengiriminya sms, bahwa  tidak ada dana masuk ke rekening Anis, lalu dia (si Penipu) menelepon ingin meyakinkan Anis, bahwa dia bener2 sudah transfer. Dengan kemarahan yg berapi-api Anis langsung bilang, “PENIPUAN MODEL KUNO, SAYA SUDAH SERING DIPERLAKUKAN SEPERTI INI”. Akhirnya dia kabur dengan menutup HP cepat-cepat. Mudah2an pengalaman ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.kb_no_to_click_fraud Nomor-nomor Penipuan Yang sering Beraksi (1). H.Ibrahim asal Lamongan. No.HP : 081278277417. (2). H. Iskandar ngakunya di pasar kemiri depok Jawa Barat. No. Hp.  085310386626, (3). H. Iskandar ngakunya Depok, dengan nomor HP. 082328455791, (4). H.ISKANDAR. dengan nomor HP. 085284551679 (5). Sigit ngakunya asal Kalimantan. No. Hp.  082125925447 (6). H.SUGENG , tidak jelas dari mana asalnya, no HP. 085310467555 (7). ibu Eva, dengan nomor  HP 085295650335,melaporkan sms ma belikan pulsa (8). ISDAWATI dengan nomor 082346172787 (9). Ibu Yanti, dengan nomor HP. ;;+6287887947467; (10). Joko, dengan nomor HP.;+6287887947467;sms_mama_minta_pulsa_dari_virus_trojan_121211b …… dan banyak lagi nama2 lain dengan nomor2 lain pula, dan jika anda complain ke CS masing2 provider? Pasti JAWABANNYA bias ditebak “Mohon bapak/ibu abaikan saja” , dan bila anda lapor polisi? Pasti perlu bukti; HP anda, Nomor anda, barang yang akan anda jual, nomor rekening anda dan di bank apa, dll. Apakah anda punya sisa waktu?  Silahkan kalo ingin bercape2 dengan provider dan polisi. Yang Perlu Diperhatikan! Waspadalah!  Berpikirlah dengan jernih, Jangan mudah Tergoda Hadial dan Bonus, atau barang anda akan dibeli (dengan panjar) dan harga pantas (mahal), lalu ditanya punya ATM?, punya Kartu Kredit? Di bank Apa???Fraud_WatchTeknologi semakin berkembang dan jenis penipuan juga semakin marak. Semua media sosial akan digunakan dengan tanpa menampilkan identitas yang dapat diverifikasi.

LilisRetnoningsingb LilisRetnoningsing2b

Waspadalah dengan segala bentuk ‘penipuan2’

Lakukan verifikasi informasi, atau jika mau coba2 dan punya waktu untuk calling2 sekaligus latihan ‘membaca’ oknum pengirim pesan dan para kolaboratornya.

Categories: Serba-serbi

PowerPoint 2007

November 30, 2012 Leave a comment

Pokok Bahasan

  • Membuka dan menampilkan file presentasi PowerPoint yang sudah ada di komputer
  • Mengganti tampilan dan mengatur presentasi
  • Menampilkan presentasi dalam tampilan Slide Show
  • Merencanakan presentasi
  • Membuat presentasi menggunakan Template
  • Membuat Tombol Aksi (Action Button)
  • Mengedit teks pada slides
  • Menambah, memindah, dan menghapus slides
  • Promote dan Demote pada teks dengan bullet
  • Memeriksa spelling dalam presentasi
  • Menggunakan Research task pane
  • Membuat speaker notes
  • Menampilkan dan print slides, handouts, dan speaker notes

Slide lengkap    (klik kanan – Save Link As, untuk download)

Modul PowerPoint 2007   (klik kanan – Save Link As, untuk download)

Aplikasi Pendukuung PowerPoint

Picture Manager 2007  (klik kanan – Save Link As, untuk download)

Categories: Edukasi, Materi

Check IP by Spamhaus

December 29, 2010 1 comment

May your IP public from your ISP was detect by spam. You can follow this step
Open spamhaus.org and type your ip (check your ip in whatismyip.com)

Open Spamhaus.org

Type your IP public, and click Look up

Click link under IP Block by PBL (block list)

If you understand this page please click Remove IP from PBL


Before removing an IP address from the PBL database you must understand this:

THE PBL IS NOT A BLACKLIST. You are not blacklisted for spamming or for anything you have done. The PBL is simply a list of ALL of the world’s end-user broadband IP space, i.e: IP space normally assigned to broadband/ADSL customers. It is perfectly normal for dynamic IP addresses (DSL, DHCP, cable, dialup) to be listed on the PBL. In fact all IP addresses in the world which are not designated mail server machines *should be* on the PBL.

The PBL does not prevent you sending email unless your email program is not authenticating properly when it connects to your ISP or company’s mail server. This can happen if you have forgotten to turn on ‘Authentication’ in your ‘outgoing mail’ account settings, or if the username/password your email program is giving to your outgoing mail server is wrong.

If you are using a normal email program, such as Outlook, Entourage, Thunderbird, Apple Mail, and you are being blocked by a Spamhaus PBL listing when you try to send email, the reason is simply that YOU NEED TO TURN ON ‘SMTP AUTHENTICATION’ in your email program’s account settings.

If you sure about above warning, do it by check I have read and I have understood and click Remove IP from PBL

Complete above form by your guarantee and click Submit
And check your email for next step to confirmation.
Good Luck and Attention please.

Categories: Serba-serbi

Status Dagelan Susno – Syahril

June 5, 2010 Leave a comment

Susno – Syahril , seperti kakak adik.. kakak! Keberanian Susno Duadji sangat disayangkan oleh Syahril Djohan. Keberanian Susno sama dengan seorang yang menentang satu institusi polri.

Susno: mas Syahril, kok gitu sih caranya? kan kasihan negeri kita mas!…

Syahril: gak apa2 toh dik… aku kan cuma mbantu orang2 yg kesulitan masalah hukum… toh bukan aku atau kamu to dik yg mbayarin penegak hukum… mereka sendiri yg mau mbayarin lah wong mereka punya duit mau bagi2 sama penegak hukum, biar saja to dik Susno… loh.. kok aku jadi masuk tahanan…? kamu sih dik susno … mau ngomong2 ginian gak gak rembukan dulu karo aku… nek ngono (kalo gitu) kita masuk tahnan bareng2 aja yuk…. trus kita istirahat di tahanan (tahanan kita kan lain)… biar orang2 pada bingung (penegak hukum sama komisi III dpr) pada ngurusin kasus ini.

Susno: tapi kan kasihan to mas syahril, mereka cape2 ngabisin anggaran (uang pajak + utang) buat ngurusin ginian…. aku gak mau tanggung jawab deh mas soal iki… aku isin karo anak cucuku….

Syahril: ora popo to dik susno, aku wis pengalaman mulai jamane mas harto ndisik loh… iki mung bagian dari sejarah….. mengko rakyat karo anggota dpr wis iso pinter dewe… kan saiki ra koyo ndisik, saiki wis bebas ngomong toh… dadi mengko sing bener opo ora kan iso ketok dewe (yang salah pasti keliahatan).

Susno: yoh … wis lah mas syahri…. terserah sampeyan sing wis pengalaman…. aku tak manut wae di kon istirahat neng tahanan aku yo manut… abis arep ngopo yo… arep ngotot yo tetep kalah karo sing kuwoso. yo….

Syahril: yo… ngono to…. dik susno… awake dewe istirahat wae neng tahanan…. aku wis kesel… arep leren wae.

http://www.asmari.co.cc/2010/04/masa-susno-kalah-terhormat-dibanding.html
Susno , “kalah terhormat” dengan Gayus Tambun(kegemukan uang korupsi)an
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Selasa, 13 April 2010 | 12:36 WIB
Para aktivis Satgas Pandawa menyesalkan tindakan penangkapan mantan Kabareskrim Komjen (Pol) Susno Duadji oleh Propam Mabes Polri di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (12/4/2010) malam. Selain itu, tindakan tersebut seperti dipaksakan atas alasan pelanggaran etika dan disiplin anggota Polri.

Hal ini disampaikan oleh John Mempi, salah satu aktivis Satgas Pandawa di Doekoen Cafe, Selasa ini. “Kami menyesalkan kejadian kemarin, Susno Duadji dinyatakan melanggar etika. Karena melanggar, sekarang Susno ditangkap di kamar mandi. Itu tidak beretika. Polisi enggak bermartabat itu. Masa, jenderal bintang tiga ditangkap di depan kamar mandi oleh kombes,” tuturnya dalam keterangan pers dan konsolidasi Solidaritas untuk Susno.

John mencoba membandingkan “kisah” penangkapan tersangka mafia pajak Gayus Tambunan yang ditangkap dengan pendekatan yang lebih lembut, yaitu dijemput oleh Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.

Sementara itu, aktivis lainnya, Dita Indah Sari, mengatakan bahwa Polri terkesan hanya menjaga nama baik korpsnya dalam drama gagah berani penangkapan Susno. Polri terlihat cepat menangkap Susno, tetapi lambat dalam menindaklanjuti testimoni Susno di depan Komisi III DPR RI pekan lalu.

“Itu kan belum disentuh dan didalami oleh Polri. Tapi kalau ada pelanggaran etika, Polri dengan gagah langsung mengejar Susno ke bandara dan menangkapnya di depan pintu kamar mandi,” ungkapnya.

Dita menagih janji Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri yang menyatakan akan mengusut mafia kasus di tubuh Polri, seperti yang diungkap Susno. Dita yakin, Kapolri pasti mengetahui rencana penangkapan itu. “Kami tuntut Bambang Hendarso memberi klarifikasi atas penangkapan ini karena ini tak mungkin tak berhubungan dengan testimoni Susno di Komisi III,” tegasnya.

http://www.detiknews.com/read/2010/04/14/183831/1338416/10/susno-bantah-nikmati-duit-dari-sj
Susno Bantah Nikmati Duit dari SJ
Didi Syafirdi – detikNews
Jakarta – Dalam pemeriksaan di Mabes Polri, Sjahril Johan menyebut ada aliran dana ke perwira tingggi Polri. Mantan Kabeskrim Komjen Pol Susno Duadji pun membantah menerima uang dari Sjahril.

“Saya kan yang membongkar, yang mengungkap kasus ini. Kalau saya terlibat, saya bodoh sekali. Ini yang namanya rekayasa, saya ungkap justru saya dituduh terlibat,” ujar Susno di kediamannya, Puri Cinere, Depok, Rabu (14/4/2010).

Susno menjelaskan, ia sejak lama melihat Sjahril Johan ‘bermain’ di Bareskrim. Susno pun memanggil Dir II Brigjen Pol Edmond Ilyas.

“Ternyata setelah saya turun, kasus ini dimainkan. Itulah dasar saya menuduh SJ bermain. Saya tahu dia sudah siapkan sejumlah uang,” tegas Susno.

Susno tidak menampik kenal dengan SJ. Tetapi jika dikatakan hubungan dirinya dengan SJ seperti kakak dan adik, Susno menyebut hal itu terlalu dilebih-lebihkan.

“Siapa tidak kenal dengan SJ? Semua juga kenal. Hanya pas kemarin saya munculkan namanya, tapi semua takut menyebutnya,” pungkas Susno.

Categories: Serba-serbi

Jaringan LAN-Wireless P4TK Bisnis&Pariwisata

May 8, 2010 Leave a comment

Arus Informasi
– Mempercepat Arus Informasi ?
– Menggali Informasi dengan Memanfaatkan Jaringan ?
– Mampukah Jaringan Kita Mendukung Kebutuhan ?
– Mengikuti atau Tertinggal !!!

Mengapa menggunakan Jaringan
– Pola pikir dari “Sama-sama kerja” menjadi “kerja sama”
– Keterbatasan kapasitas sarana dan prasarana
– Tingkat pergerakan data yang semakin meningkat
– Kebutuhan Informasi dan Komunikasi antar pengguna

Keamanan data dalam Jaringan

* Simpan file utama di komputer lokal.
* Simpan file yang digunakan bersama-sama dalam jaringan
* Sharing file di komputer lokal yang akan digunakan dalam jaringan dengan menggunakan password agar hanya dapat dibuka oleh yang mendapat hak
* Jangan men-sharing file sistem yang ada dalam komputer (misal: C:\ , C:\Windows , C:\Program Files , dan yang sejenis.)
* Lakukan sharing hanya folder data yang diperlukan (misal: C:\Data , C:\My Documents , D:\ , D:\Data , dan yang sejenis.)
* Berikan password untuk file-file data yang perlu diamankan (Word, Excel, Powerpoint, Acrobat, dsb)

Melihat Topologi Jaringan Optik – UTP – Wireless

Mau lihat PDF? (827kb)

Mau download Presentasi? (1.187kb)

setelah ada pengembangan, maka jaringan P4TK Bispar, menjadi seperti berikut, termsuk sampai ke Balai Peni, Wisma2 dengan menggunakan bantuan wireless dari Wisma Nusantara ke Wisma Nusa Dua dan dari Wisma Samudera ke Wisma Nusa Indah.

Categories: Serba-serbi

Pejuang Kebijakan melawan Mafia Hukum

March 23, 2010 Leave a comment

SBY terheran-heran, kok mafia ada dipenegak hukum yang harusnya jadi panglima dalam menegakkan keadilan, bahkan para mantan pegawainya yang menggeliat dengan cara menunjukkan keganjilan/keracunan institusi yang pernah dihuninya yang sedang terkena virus Markus, sedang diburu(diadili) oleh pejuang yang sedang melindungi kesucian institusinya, dengan cara menjatuhkan hukuman mati (sebagaimana yang dilakukan oleh Cirus Sinaga) yang tidak mampu menghadirkan barang bukti yang vital sebagai bukti bahwa tersangka (Antasari) yang menjadi otak pembunuhan Nasrudin.

Hal senada juga sedang dilakukan oleh Susno Duadji yang tengah mati-matian berusaha menunjukkan keganjilan yang ada di tubuh Polri. Bahkan Susno Duadji sampai rela mengorbankan pekerjaannya (bahkan mungkin diri dan keluarganya) demi membongkar virus Markus yang telah menginveksi institusi penegak hukum.
Mampukah sang pejuang keadilan (kebijakan) melawan sebuah institusi besar yang dari dulu telah terkenal sebagai institusi penegak hukum yang dianggap suci dari segala kekotoran (virus). Tentunya hanya pribadi yang ikhlas juga yang mampu membuktikannya tentunya dengan bantuan masyarakat peduli hukum yang tidak ditunggangi kepentingan pribadi dan kelompok, namun menginginkan kejelasan dan kebenaran hanya dari rahmat Yang Maha Kuasa, tapi bukannya yang maha kuasa yang ada di setiap institusi (yang biasanya punya kepentingan tidak tulus).

Kita perhatikan keinginan presiden SBY dalam menegakkan hukum, sampai-sampai mengorbankan besannya sekaligus mertua dari anaknya, walaupun sang besan tentunya tidak salah sendirian, tapi pasti ada kesalahan sistem (yang terisnveksi virus rakus/memperkaya diri) yang akibatnya mengorbankan seseorang.
Jangan sampai hal-hal tersebut diatas semakin banyak terjadi dan mengorbankan orang per orang. Tentunya dengan menyiapkan sistem handal yang mempersempit/menutup kemungkinan terinveksi virus markus (keinginan SBY).

Kebebasan penyampaian aspirasi yang dibuka sejak jaman Gusdur hingga SBY merupakan tonggak terciptanya keadilan di negeri tercinta ini. Kita bisa bayangkan bahwa ketidak-adilan sesungguhnya sudah biasa terjadi sejak dulu, namun tidak banyak sumber berita yang berani mengungkapkan. Bayangkan juga dengan terbukanya informasi ini, semakin menunjukkan banyaknya virus-virus mavia keadilan yang menginveksi institusi hukum, secara perlahan terkuak dan akan terbukti, walaupun tentunya memakan korban dengan mempertaruhkan nama baik sebuah institusi hukum.

Namun sebagaimana kita tahu bahwa SBY tidak seberani Gusdur. Tentu kita ketahui, bahwa Gusdur seorang pluralis yang membela minoritas, sedangkan SBY seorang negarawan yang banyak menggunakan strategi dalam mengelola pemerintahan.

Kalo Gusdur jengkel, makan DPR disebut sebagai taman kanak-kanak (mungkin kini PAUD). Sedangkan SBY jika jengkel dengan tak berfungsinya institusi hukum, bukan dengan membubarkan atau mengkerdilkan institusi hukum, tetapi ditangggapi dengan membuat Watimpres, kemudian membuat Satgas Mafia Hukum untuk mengetahui sesungguhnya ada dimana penyakit yang sedang mengganggu institusi hukum yang ada. Ini tentu sebuah langkah yang berhati-hati, karena tidak mudah membubarkan institusi hukum yang telah sesuai dengan aturan namun tidak mampu menunjukkan fungsi aturan, hanya karena terinfeksi virus mafia hukum.

Perjuangan ini memang bukan pekerjaan ringan, karena telah menjangkiti lembaga secara merata (jaman dulu disebut korupsi berjama
ah). Wah gawat kalau begini jadinya, istilah jama’ah itu biasanya digunakan untuk berbuat kebaikan, tapi bisa juga digunakan oleh pejuang kejahatan (virus rakus bin markus). Namun kesulitan ini tidak boleh ditanggapi dengan emosi apalagi dengan cara teroris, karena sesungguhnya perjuangan itu harus dengan ikhlas dan sabar, karen ini semua adalah ujian, untuk mengetahui siapakan diantara hamba (pribadi) yang tulus dalam memperjuagkan anjuran kebaikan dan larangan kejahatan, sebagaimana yang semua kitab-kitab agama melakukannya.

Tetapi kenapa banyak orang beragama melakukan juga kejahatan?. Ini tentu tidak bisa kita menyalahkan agamanya, perhatikanlah dengan teliti aqidah (keyakinan) apa yang ada didalam hatinya. Karena keyakinan itu akan mempengaruhi tingkah lakunya dalam menyikapi keadaan yang tengah berlangsung dilingkungannya.

Masing-masing harus bertindak sesuai dengan tanggung-jawab dan porsinya. Kejahatan fisik itu urusan para penegak hukum, sedangkan kejahatan non fisik (keyakinan yang memiliki kerusakan) itu dapat ditanggulangi oleh para ustad yang mampu dan ikhlas dengan dibantu oleh aturan hukum yang mendukung terciptanya kehidupan yang melindungi setiap orang secara fisik maupun mental.

Categories: Edukasi, Politis&Politik

Sikap terhadap Pandangan Pansus Century

February 25, 2010 Leave a comment

Tidak dapat dipungkiri bahwa pansus century dibentuk dari awal, atas dasar dugaan partai yang kalah suara dalam pemilu, bahwa partai pemenang mendapatkan aliran dana untuk mendukung kampanye yang dilakukan oleh tim sukses partai pemenang.

Karena tugas pansus adalah penyelidikan, maka alangkah elegan jika penentuan para tersangka harus dikonfirmasi dulu ke KPK, MA, Kepolisian dan MK. Agar tidak menjadikan DPR sebagai provokator pengadilan rakyat, yang dapat memicu kerusuhan yang akhir juga akan menimbulkan kerugian akibat kerusakan fasilitas, dikarenakan libido masyarakat yang lepas kontrol sehingga menyelesaikan masalah bukan dengan argumen yang jelas dan masuk akal, namun dilakukan dengan pengrusakan, dan dapat menimbulkan korban dari sisi pendemo maupun aparat. Hal ini yang harus diwaspadai oleh para pengambil kebijakan agar tidak melukai rasa keadilan masyarakat yang diakibatkan oleh kekurangan dari sisi ekonomi maupun rasa keadilan yang bertanggungjawab secara vertikal maupun horisontal. Rasa keadilan dan kelaparan fisik maupun mental dapat mengakibatkan timbulnya sikap anarkis. Sedangkan sikap anarkir dapat muncul dari sisi pendemo maupun aparat yang tidak mampu mengedalikan emosi karena sifat kemanusiaan yang tidak sama pada setiap aparat.

Namun pertanggungjawaban politik juga tidak dapat dikesampingkan, oleh karena itu kalimat penyebutan institusi yang harus ditelusuri kebenaranya oleh para penyidi itu lebih tampak elegan daripada memvonis nama seorang pejabat yang belum dilanjutkan ke ranah hukum.

Kita dapat saksikan mana fraksi dan personil yang sembrono dan mana yang lebih mengedepankan kejelasann ketentuan hukum. Menyelidiki adalah mengumpulkan bukti, bukan menjadi penentu vonis atau yang berhak mengadili secara hukum, walaupun proses hukum juga harus tetap dikawal perjanannya akan tidak ada penyimpangan atau maksud tersembunyi (hidden agenda).

Dalam pandangan fraksi tersebut, empat dari sembilan fraksi menyebut nama Boediono dan Sri Mulyani secara eksplisit, yaitu Fraksi PDI-P, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKS, dan Fraksi Partai Hanura. Partai Golkar dan PKS adalah partai anggota koalisi pemerintahan Yudhoyono-Boediono

Budiono

Boediono, yang kini Wakil Presiden, melalui Juru Bicara dan Staf Khusus Wapres Bidang Media Massa Yopie Hidayat, mengatakan, pandangan fraksi-fraksi itu baru pandangan politik, bukan pandangan hukum. Dengan demikian, hal itu belum menyatakan kebenaran akan substansi kasus Bank Century.

”Kita meski mencatat, pandangan akhir fraksi di Pansus Bank Century itu baru pandangan di Pansus dan belum pandangan akhir dari DPR. Pandangan itu juga pandangan politik, yang belum mencari kebenaran atau kesalahan,” tutur Yopie.

Menurut Yopie, dengan melihat latar belakang politik dari setiap partai politik, tak bisa dilepaskan kepentingan politik yang mendasari fraksi dalam menyampaikan kesimpulan akhirnya. Tentang rekomendasi penegakan hukum, Yopie mengatakan, Boediono sejak awal tidak pernah menghalang-halangi proses hukum tersebut. Boediono sejak awal tidak pernah menghalang-halangi proses hukum tersebut.

Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, kebijakan yang diambilnya dalam menyelamatkan Bank Century bukanlah tindakan kriminal perbankan karena dirinya tidak memiliki hubungan istimewa dengan pemilik bank itu. Pejabat sebaiknya tak dikriminalisasi agar tak terjadi kebingungan pada pengambilan kebijakan, terutama saat kondisi krisis.

Menurut dia, tugas utama sebagai Ketua KSSK adalah mencegah krisis. Hal itu, katanya, tidak dicampuradukkan dengan orang yang berbuat kriminal perbankan. Sri Mulyani menegaskan akan mempelajari tuduhan sebagian fraksi soal adanya pelanggaran. Fraksi-fraksi tersebut diminta memperjelas bentuk pelanggarannya dan aturan yang dilanggar.

Dyah NK Makhijani

Direktur Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI Dyah NK Makhijani, memberikan tanggapan, Meski dapat memahami, Bank Indonesia (BI) menyesalkan sebagian besar pandangan fraksi yang mengabaikan fakta dimensi krisis yang menjadi dasar kebijakan BI dan pemerintah saat itu.Dia menegaskan, BI meyakini kebijakan-kebijakan dalam menangani Bank Century sejak merger hingga penyelamatan dan pelaksanaannya dilakukan dengan iktikad baik serta didasarkan pada pertimbangan profesional yang terbaik, dengan memerhatikan kaidah-kaidah hukum.

Sultan Hamengku Buwono X

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X menyatakan, pandangan akhir fraksi itu perlu segera ditindaklanjuti ke jalur hukum. Ia menyatakan, pandangan akhir fraksi harus diterima sebagai keputusan politik.

Categories: Politis&Politik