Perdagangan

Produk-produk Indonesia terjungkal, kejatuhan produk Cina

Industri kecil atau rumahan Indonesia bisa pingsan karena kejatuhan Bom dari hasil industri Cina yang mampu bersaing dari segi harga, walau tidak dari segi kualitas, jika tidak ada kemauan keras pemerintah Indonesia untuk mempermudah jalur pribumi dalam berusaha dan tidak dipusingkan dengan pungutan-pungutan birokrasi yang akhirnya membengkakkan biaya produksi dan selanjutnya meningkatkan harga jual produk yang tak mampu bersaing dengan produk Cina.

Memang ada beberapa bidang yang persaingannya sangat dirasakan seperti dalam bidang garmen atau sepatu dengan kualitas rendah, elektronik (bukan andalan Indonesia) dan berbagai bidang industri ringan lainnya, karena begitu besar produksi mereka sehingga harga per unit bisa ditekan. Kita tidak dapat melawan dalam bidang-bidang tertentu ini, tetapi tetap saja terdapat peluang yang dapat dimanfaatkan. Misalnya dalam hal sepatu, yang kualitas menengah dan atas kita tetap dapat bersaing. Karena itu investasi asing mulai masuk lagi ke Indonesia untuk hal tersebut.

Menurut Wakil Ketua Dewan Penyantun Yayasan CSIS, Jusuf Wanandi, masalah FTA ASEAN dengan China bukan sebab yang besar mengapa pasar kita dibanjiri produk-produk RRC. Yang perlu diupayakan adalah agar hambatan-hambatan terhadap daya saing pengusaha-pengusaha kita, terutama UKM, dapat segera dihapuskan. Bila masih ada bidang-bidang yang pengusaha kita memang tidak dapat bersaing, pemerintah harus membantu mencari lapangan kerja baru dengan pelatihan-pelatihan, kredit murah, dan mencari pasar baru bagi mereka. Perusahaan-perusahaan besar pun dapat turut membantu untuk meringankan beban pemerintah dan diberi insentif pajak atau lain-lainnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: