Speedy Cases

Iklan internet telkom “speedy that you can trust” bisa jadi “speedy that you can’t trust”, karena DNSnya sering bermasalah dan tidak banyak pengguna yang care & penasaran untuk tanya-tanya DNS lainnya, supaya bisa pake DNS alternatif.

Penanganan troubleshoot untuk pelanggan selalu berlarut-larut, hingga bikin pelanggan seperti saya merasa pusing tujuh keliling. Jaringan Unlimited Office yang katanya bisa sampai 1MB lebih, ternyata untuk dipake sendiri saja tidak pernah sampai 200kbps. Bahkan sampai terjun ke 1kbps s/d 0.6kbps, pusing deh, dah capek lapor, biarin ajah kalo telkomnya lagi inget entar juga mungkin mereka betulkan.

Karena penasaran dan puyeng, tanggal 4 nop 2009 saya coba pasang sendiri dirumah dengan paket unlimited family, pertama dipasang oleh tehnisinya sudah bisa nyambung, tapi karena gak sempet cek lagi dan malemnya saya coba ternyata koneksinya tidak seperti yang dikatakan diiklan, “you can trust” jadi “you can’t trus”, yang terakhir inilah yang bener iklannya speedy.

Untuk keluhan pertama dua hari berikutnya dateng orang telkom, dan periksa dengan membawa modem ADSL sendiri, dan bisa koneksi lumayan. Saya tanya kenapa pake modem saya gak bisa konek atau kalau mau juga sangat lambat (lemot) dengan speed 0,5 – 0,7 kbps. Merek modem yang dibundel dengan paket unlimited family dengan abunemen 125rb adalah modem merk COSUN, petugas telkom bilang kalo modem ini tidak bagus. Saya langsung komplain, “Kalo gak bagus kenapa diberikan ke pelanggan?” jawabnya, “Mungkin waktu pengetesan, vendornya pake yang bagus, sehingga lolos uji di telkom, sehingga vendornya memenangkan kontrak”, saya langsung komen, “Oooooooo….. gitu yah???”

Petugas telkom kemudian memberikan DNS alternatif 2 buah, lah kini lumayan bisa sampai 10 s/d 35 kbps (masih lemot yah….). Lalu aku coba ganti DNS di kompiku dengan DNS baru, Alhamdulillah bisa sampai 70 s/d 90kbps.

Setelah berfungsi selama satu hari + setengah, langsung gak bisa koneksi, setelah cek kesana-kemari, ternyata seting modemnya kembali ke default pabrik, jadi gak bisa koneksi deh. Aku lapor lagi, seperti biasa tanggapan baik, laporan dicatat dan akan ditindak lanjuti……

Penasaran saya…… (untungnya pada saat selesai petugas telkom setting aku sempet capture seting2 dalam modem ADSLnya, cek kesana kemari, akhirnya ketemu deh, setelah klik sana-sini satu-satu, akhirnya bisa juga speedy terhubung ke internet………, tapi apakah seperti ini pelayanan telkom, siapa yang mau berpusing-pusing dan berpayah-payah cari setingan ADSL speedy yang tidak pernah kasih tau ke pelanggan, mana aja yang harus diseting kalau ada masalah dengan modemnya.

Mudah-mudahan setingan ini tidak rusak lagi…………….

Gimana telkom speedy apa masih “That you can trust”, apa tidak sebaiknya pake “That you can’t trust ???????”…………..

Jumat, 14 Nopember 2009, petugas telkom nanya lagi apa mau pasang speedy? saya bilang sudah pasang tapi sering mati dan lambat bahkan modemnya kok bisa reset ke default factory, gimana bisa hal ini terjadi, saya tanya ke petugas telkom yang menelpon saya tersebut, dia bilang gak tau tapi suruh tanya ke 147 saja. Ya sudah saya akan tanyakan 147, tapi gimana bisa modemnya berubah seting sendiri?

Untungnya saya sempet catat itu seting2 yang ada di modem ADSL speedy dan saya berhasil mengembalikan seting modem itu. Tapi bagaiman seting bisa berubah sendiri dan telkomspeedy gak bisa kasih tau….. bagaimana pelayanan pelanggan………. kan tidak banyak pelanggan yang mau bersusah payah nyimpan seting dan bersusah payah pula mengembalikan seting itu. Dimana layanan pelanggan yang baik yang disampaikan telkom. Pantas saja banyak pelanggan yang kecewa.

Katanya Speedy itu dengan bandwith 314kbps up, tapi saya bisa konek dengan 50 s/d 9o kbps saja rasanya sudah bersyukur.

Seting modem Cosun untuk Telkomspeedy

Nyalakan komputer, modem Cosun menggunakan koneksi kabel UTP (sampai lampu indikator Power – LAN – WAN – DATA menyala)

Ketikkan pada address bar, alamat http://192.168.1.1 dan klik Go atau tekan Enter (keyboard), sampai muncul seperti berikut;

Dan pilih menu Advanced Setup

 

 

 

 

 

Pilih (klik) tombol Edit, sampai muncul berikut;

 

 

 

 

 

 

 

klik tombol next pada tampilan diatas dan pada tampilan selanjutnya, sampai muncul tombol  Save, klik tombol Save tersebut sampai muncul jendela baru dan muncul tombol Save/Reboot, klik tombol Save/Reboot tersebut, maka model adsl akan restart dan tunggu kira-kira 2 menit kemudian  cek ulang koneksi browser anda.

Masalahnya adalah kenapa modem adsl Cosun tersebut sering tidak bisa konek dan harus lakukan prosedur diatas. Kalau anda tanya 147 tentu jawabnya akan seperti biasa, akan dibuatkan laporannya. Bahkan tehnisi yang datangpun akan memberikan komentar yang sama, modemnya (Cosun) tidak bagus.

Lagi-lagi ini pelayanan telkom yang tidak baik, tidak sesuai dengan iklan. Kalau tidak bagus modemnya, seharusnya ya jangan diberikan ke pelanggan yang akan membuat kecewa……………

 

 

 

  1. budi2k
    November 21, 2009 at 4:39 am

    adakah pengguna speedy yang mengalami seperti diatas…… menggunakan modem Cosun???

  2. Christian Theodorus
    January 20, 2010 at 6:14 am

    gw juga gan…. slalu klo modem udah kepanasan….
    speedy that you can’t trust

  3. budi2k
    January 20, 2010 at 9:29 am

    karena dah pusing pake modem Cosun yang sering putus2, maka begitu ada kesempatan aku bawa aja ke vendornya di Komplek Ruko Fatmawati Mas. Lalu aku minta ganti (karena modemku mati total) trus diganti dengan yang baru aja sama teknisinya. Dan aku tanyain knapa sering mati (karena panas), katanya emang gak bisa nyala lama, akhirnya aku minta alternatif modem yang bagusan… dan diminta pake modem Tecom, aku mau aja dengan harga Rp.250rb. Nah skarang lumayan koneksinya agak lancar gak terlalu sering putus (sperti modem Cosun). Silahkan pelanggan yang laen, ganti aja modemnya (karena dah gak bagus untuk rekomendasi).

  4. Christian Theodorus
    October 30, 2010 at 8:23 pm

    wah trims ya mas…

    waktu itu udah di ganti bukan teknisinya yg kita datengin… tp mreka yg datengin rmh saya… trus d ganti modem baru…

    TP sama orangtua di cabut internetnya gara2 tagihan loncat jadi 400rb lebih…

    binggung aja saya ambil paket Family yg unlimite yg di brosurnya cuman bayar 150-200rb doang… tp knp tagihan tiba2 400rb lebih???

    btw thanks ya infonya…

    • December 16, 2010 at 11:00 am

      wah kalo kaya’ gitu aku lum pernah ngalamin… tapi kalo nungga’ sampe 2 bulan yah pasti aja… lebih dari 400rb, kan sebulannya 214rb plus denda jadi 465rb deh….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: